logo

bg-h4-whiteKolumnis

Rabu, 03 May 2017 | 15:42

LONG WEEKEND MEMAKAN KORBAN, SALAH SIAPA?

Penulis : Jusri Pulubuhu
img1

img1

Jusripulubuhu

JAKARTA - Baru-baru ini kita melihat dua tragedi kecelakaan yang terjadi hanya dengan jeda satu minggu. Di lokasi poros jalan yang sama (Lintas Puncak: Cianjur - Bogor)  dan sama-sama terjadi di waktu long weekend.

Dan sampai saat ini pun kita semua baru bisa menilai terbatas pada _immediate cause/penyebab langsung_ *Rem Blong..!!* Padahal ada yang lebih krusial dari itu, yaitu _basic causes_ atau akar permasalahan dari kecelakaan2 tersebut.
 
Saya sering mengatakan pada setiap kasus kecelakaan lalu lintas yang melibatkan kendaraan bermotor, angkutan barang dan manusia (Truck & Bus), bahwa setiap kasus itu harusnya disikapi secara serius oleh pemerintah dan pengusaha Perusahaan Otobus.
 
Jika tidak, saya yakin kecelakaan yang sama akan terulang dan berulang.
 
 
Sebab selama ini pada kasus seperti ini investigasi yang dilakukan hanya lebih bertujuan pada aspek hukum saja.Supir atau pemilik bus di hukum lalu selesai. 
 
Mitigasi perbaikan pada manajemen sistem transportasi jalan raya beserta implementasinya, aspek skill pengemudi, infrastruktur dan payung hukum berupa regulasi transportasi berbasis keselamatan tidak terlihat/tersentuh.
 
Jika tindakan yang dilakukan hanya memberikan sanksi/hukuman, maka proses rangkaian paska kecelakaan akan berhenti di situ saja. Seperti biasanya sebatas salahnya si pengemudi lah, kurang waspada lah, salah ngerem atau lemahnya manajemen perawatan/maintenance dari PO itu saja.
 
Pada intinya, ada yang jauh lebih penting dari pada membawa persoalan ini ke ranah hukum, yaitu keseriusan pemerintah untuk memulai langkah-langkah perbaikan secara total dalam meminimalisir kecelakaan-kecelakaan di jalan raya.

 

Kolumnis adalah fitur citizen journalism, setiap konten (teks, foto, video dan infografis) menjadi tanggung jawab kolumnis (penulis) itu sendiri. Redaksi Otojurnalisme.com tidak bertanggungjawab atas segala tuntutan dari pihak manapun atas konten yang ditayangkan oleh kolumnis.
SHARE THIS ARTICLE :

Profile

Jusripulubuhu
Jusripulubuhu.otojurnalisme.com

Join Date : Senin, 30/01/2017 19:18

Pojok Kolumnis


ARIPITSTOP
Aripitsto
Elang
Elang
Dhika
Dhika
OtoXplore
Otoxplore
Rilis
Rilis
Mr. OtoMen
Mr. Otome
SW218
Sw218
Jusripulubuhu
Jusripulu

Video

Top Artikel Kolumnis

img1
Minggu, 15 Apr 2018 - 18:45 wib
Soerobojo Cub Day 2018 Pestanya Classic Cub Series
img1
Selasa, 17 Apr 2018 - 09:00 wib
Cara Mudah Biar Mobil Gak jadi Sarang Tikus
logo1

OTOJURNALISME.COM adalah portal berita otomotif pertama di Indonesia yang mengkolaborasikan konten JURNALISTIK dan ulasan para KOLUMNIS yang expert di bidang otomotif
Alamat : Jl. Tanjung Barat Raya No. 11 A Jakarta Selatan - DKI Jakarta - Indonesia
Telp: 021-22701245
email: [email protected]
Facebook
Twitter